Rabu, 12 April 2017

Kuil Dilwara, Mount Abu - A Dream Dalam Marble

Gunung Abu adalah satu-satunya stasiun bukit Rajasthan dan terletak di wilayah barat daya nya. Gunung Abu adalah bagian dari Aravalis. Guru Shikhar adalah puncak Gunung Abu di ujung utara. Gunung Abu adalah salah satu pusat ziarah paling suci bagi Jain, sebagai tempat rumah kuil Dilwara terkenal di dunia, dianggap karya arsitektur candi.

Ini terkenal kuil Dilwara Jain berada pada jarak 2,5 kilometer dari Gunung Abu. Ini candi diukir indah di marmer putih yang didedikasikan untuk Jain Tirthankaras dan dibangun antara 11 dan 13 Masehi. Jain candi di Gunung Abu dibangun dalam gaya Nagara arsitektur candi. Prasasti di Gunung Abu menunjukkan bahwa sebenarnya, itu adalah kursi dari Shaivism dan Jainisme datang kemudian pada abad ke-11.



The Dilwara candi adalah kelompok lima candi dan diberi nama Vimal Vasahi Temple, Luna Vasahi Temple, Temple Pittalhar, Temple Parshvanatha, dan Swami Temple Mahavir. Yang paling relevan dari ini adalah Vasahi Temple Vimal.

Vimal Shah yang merupakan menteri dari Solanki Raja, Bhimidev I Gujarat, membangun Vasahi Temple Vimal di 1021 AD. Itu didedikasikan untuk pertama Jain Tirthankar (guru), Adinathji. Candi ini murni diukir dari marmer dan ditempatkan di tengah halaman yang dikelilingi oleh kaya diukir koridor, pilar, lengkungan dan serambi bertiang fitur yang menakjubkan. Ada desain terukir tunas teratai, bunga dan angka dari Jain dan mitologi Hindu.

The Pittalhar Temple dibangun oleh Bhima Shah yang merupakan menteri Sultan Begada dari Ahmedabad. Candi ini memiliki patung logam besar dari Rishab Dev Adinath. Patung yang menakjubkan ini telah dilemparkan dalam lima logam. logam utama yang digunakan dalam pembuatan patung ini adalah 'Pital' (kuningan), maka nama 'Pittalhar'. The Parshavanath Temple didedikasikan untuk Tuhan Parshavnath. Candi ini terdiri dari sebuah bangunan tiga lantai, yang merupakan tertinggi dari semua kuil di Dilwara. The Mahaveer Swami Temple adalah struktur kecil yang dibangun pada tahun 1582 Masehi. Hal ini didedikasikan untuk 24 Jain Tirthankara Tuhan Mahaveer.

Dua saudara Vastupal dan Tejpal didirikan Luna Vashahi atau Shri Neminathji Temple di 1230 AD. Candi ini berdiri kedua pentingnya antara semua kuil Dilwara. Hal ini didedikasikan untuk 22 Jain Tirthankar, Shri Neminathji. Ruang utama atau 'Rang Mandap' memiliki kubah sentral dari yang menggantung liontin hias besar yang menampilkan ukiran rumit. Ada banyak lukisan dinding dan ukiran dari Jaintirthankars dan Jain biarawan.

Untuk setiap explorer dengan mata untuk arsitektur, candi Dilwara yang dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar